YOGYA (KRjogja.com) - Forum mahasiswa Papua yang tergabung dalam Liga Perjuangan Nasional Rakyat Papua Barat (LPNR-PB) menilai, PT Freeport Indonesia (PT FI) sebagai biang keladi dari segala permasalahan yang tumbuh di Papua. Persoalan ini muncul dalam seminar nasional mahasiswa Papua yang bertajuk menggali dampak-dampak PT Freeport di tanah Papua dan Indonesia, di Aula UPKM CD RS Bethesda, Kamis (3/9).

Ketua Presidium LPNR-PB, Engel, mengakui masyarakat Papua menginginkan keluar dari tiga cengkeraman besar yang selama ini membelenggu mereka, yakni neoliberalisme, neokolonialisme dan kapitalisme. "Tiga cengkeraman tersebut dikelola oleh PT Freeport Indonesia di bumi Papua. Kami ingin keluar dari itu semua dan berdaulat secara politik, adil secara ekonomi serta adat dan budaya yang mandiri," tegas Engel.

Aksi penambangan yang dilakukan oleh PT FI, selain merusak lingkungan yang sangat besar juga terdapat indikasi pelanggaran HAM. Tanah adat Suku Amungme salah satu korbannya. "PT FI menguasai tanah secara tidak sah. Yakni sebanyak 2,6 juta luas areal kontrak PT FI terhadap 92 warga Suku Amungme," tandas Engel.

Selain itu, indikasi konspirasi International, dalam hal ini adalah Amerika melalui CIA, diduga ikut terlibat. CIA dianggap mendikte Indonesia dalam hal realisasi Papua masuk ke NKRI dengan jaminan PT FI tumbuh di tanah Papua. "Kehadiran PT FI semata-mata hanya urusan bisnis global Amerika, bukan untuk mensejahterakan rakyat Papua atau Indonesia. Ketidakadilan secara ekonomi, politik dan budaya kerap terjadi disana. Setiap kali ada kerusuhan antara rakyat Papua dengan PT FI selalu dikaitkan dengan OPM (Organisasi Papua Merdeka) dan pemerintah seakan-akan tidak serius menanggapi hal ini," ujar Engel.

Satu hal lagi yang menjadi titik perhatian LPNR-PB dalam menggugat PT FI untuk dibubarkan adalah kebohongan publik yang selama ini dilakukan PT FI. "Disana ada kawasan Tembaga Pura untuk menegaskan pertambangan tembaga yang dilakukan disana. Namun sebaliknya, ini justru menjadi sebuah pertanyaan, tembaga atau emas kah yang sebenarnya ditambang disana," tandas Engel. (Dhi)
http://www.krjogja.com/krjogja/news/detail/2288/Mahasiswa.Papua.Tuntut.Freepot.Hengkang.Dari.Bumi.Papua..html

Ditulis Oleh : Tinus Pigai ~ harapan-diri.blogspot.com

Artikel Mahasiswa Papua Tuntut Freepot Hengkang Dari Bumi Papua Kamis, 03 September 2009 15:58:00 ini diposting oleh Tinus Pigai pada hari Selasa, 08 September 2009. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.